RIWAYAT BEKAM

Imam Bukhari meriwayatkan dari Sa’ad bin Zubair dari Ibnu Abbas bahwa Rasullullah SAW bersabda : “Penyembuhan terjadi dengan 3 cara, yaitu minum madu, BERBEKAM dan terapi besi panas. Aku melarang umatku menggunakan besi panas,”  Rasulullah SAW lebih menyukai madu daripada laksatif dak berbekam daripada penusukan urat darah (akupuntur)

Dalam Shahih Bukhari Muslim dari Thawus dari Ibnu Abbas diriwayatkan bahwa Rasullullah SAW pernah berbekam dan membayar tukang Bekam. Dalam kitab itu juga disebutkan Humaid Ath-Thawil dari Anas bahwa Abu Thayyibah membekam Rasullullah dan dia dibayar dua sa’ (setakar) kurma. Beliau juga memerintahkan para majikan untuk mengurangi pajak Abu Thayyibah (karena ia seorang budakdan harus membayar kepada mereka). Rasullullah SAW kemudian bersabda, “Pengobatan terbaik bagi kamu adalah Bekam,”

Tirmidzi dalam kitab Jami’-nya meriwayatkan dari Abbas bin Manshur bahwa ia berkata,”Saya pernah mendengar Ikrimah meriwayatkan bahwa Ibnu Abbas mempunyai tiga orang budak yang pandai membekam. Sedang diantaranya biasa membantu beliau dan keluarga beliau dengan kepandainnya membekam.”Ibnu Abbas pernah berkata bahwa Nabi SAW bersabda,”Orang yang paling baik adalah tukang bekam, karena ia mengeluarkan darah, meringankan otot kaku dan mempertajam pandangan mata orang yang dibekam,” Rasullullah pada saat Mi’raj, setiap kali melewati sekelompok Malaikat mereka berkata,”Hendaklah engkau membiasakan diri melakukan bekam.”Ibnu Abbas menambahkan,” Waktu terbaik untuk melakukan bekam adalah tanggan 17,19 dan 21,” Rasullullah bersabda,”Sesungguhnya pengobatan terbaikbagi kalian adalah sa’uuth, ladud,bekam dan jalan kaki,”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s